Sunday, October 26, 2014

MAKALAH FILSAFAT ISLAM



BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang Masalah

            Filsafat adalah hasil akal manusia yang mencari dan memikirkan suatu kebenaran sedalam-dalamnya, filsafat islam lahir melalui proses yang begitu panjang, berawal dari pengaruh filsafat Yunani sampai melahirkan pemikiran filsafat islam.
            Para filsuf islam banyak mengambil dan memahami pemikiran-pemikiran para filsuf Yunani, seperti Aristoteles, Platinus, dan Plato. Sehingga banyak teori-teori para filsuf Yunani yang diambil oleh filsuf Islam.
            Walaupun para filsuf Islam banyak yang berguru terhadap para filsuf Yunani, tetapi bukan berarti mengekor dan mengutip, filsafat Yunani hanya dijadikan sebagai salah satu sumber pemikiran filsafat Islam. Filsafat Islam sendiri telah mampu menampung dan mempertemukan berbagai aliran pikiran, sumber filsafat Islam tidak hanya dari filsafat Yunani tetapi juga dari kebudayaan Iran dan India.
            Dunia Islam berhasil membentuk filsafat yang sesuai dengan
prinsip-prinsip agama dan keadaan masyarakat Islam, para filsuf Islam menggunakan Al-qur’an sebagai landasan pemikirannya, berbeda dengan para filsuf Yunani yang hanya mengutamakan teori dan mengabaikan kenyataan.
            Walaupun memiliki persamaan dengan filsafat Yunani, yaitu sama-sama membahas tentang persoalan manusia, alam semesta, dan zat pencipta, tetapi filsafat Islam dapat berkembang dengan pesat dan memiliki ciri khas tersendiri yang sangat berbeda dengan filsafat Yunani, yakni pemikirannya tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Hadits. Filsafat Islam dapat dijadikan acuan berpikir dalam kehidupan sehari-hari, dapat digunakan untuk memecahkan problematika kehidupan secara Islami, yang tidak menyeleweng dari ajaran Allah dan Rasul-Nya.

B.       Rumusan Masalah
            Adapun pokok permasalahan yang akan di bahas, terdiri atas :
         1.         Apa pengertian Filsafat Islam ?
         2.         Bagaimana Hubungan Antara Filsafat Islam dengan Filsafat Yunani ?
         3.         Siapa saja tokoh-tokoh Filsafat Islam ?

BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian filsafat Islam
Filsafat Islam merupakan gabungan dari filsafat dan Islam. Secara harfiah,
pengertian filsafat adalah cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaran. Sidi Gazalba mengartikan filsafat sebagai berpikir secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal alam rangka mencari kebenaran, inti atau hakikat mengenai segala yang ada.[1]
Menurut Mustofa Abdur Razik pemakaian kata filsafat di kalangan umat islam adalah kata hikmah, sehingga kata hikmah ditempatkan pada kata failusuf atau hukum Al-Islam (hakim-hakim Islam). Ibnu Sina mengatakan, hikmah adalah mencari kesempurnaan diri manusia dengan dapat menggambarkan segala urusan dan membenarkan segala hakikat baik yang teori maupun praktik menurut kadar kemampuan manusia. Sedangkan pengertian filsafat Islam adalah suatu ilmu yang dicelup ajaran islam dalam membahas hakikat kebenaran segala sesuatu.
Banyak di kalangan para ahli berbeda pendapat dalam menamakan filsafat Islam, ada yang menyebut dengan Filsafat Islam, ada juga yang menyebut dengan Filsafat Arab. Prof. Mu’in menyatakan apabila filsafat itu disebut dengan Filsafat Arab, berarti mengeluarkan orang Iran, afganistan, Pakistan, dan orang India. Oleh karena itu beliau memilih menyebut dengan Filsafat Islam.
Berbeda dengan Mauric de Wild, Emik Brehier dan Lutfi As Sayid menyebut dengan Filsafat Arab, alasannya karena filsafat itu ditulis dalam bahasa Arab, atau diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dengan menambah unsure-unsur baru dalam bahasa Arab juga.
Namun pemikiran-pemikiran filsafat pada kaum muslimin lebih tepat disebut filsafat Islam, mengingat bahwa Islam bukan saja sekedar agama, tetapi juga peradaban. Pemikiran filsafat ini tentu berpengaruh pada peradaban Islam, meskipun banyak sumbernya dan berbeda-beda jenis orangnya, corak pemikiran tersebut adalah Islam.[2]


B.       Hubungan Antara Filsafat Islam dengan Filsafat Yunani
Proses sejarah masa lalu tidak dapat dielakkan begitu saja, bahwa pemikiran filsafat Islam terpengaruh oleh filsafat Yunani. Para filosuf Islam banyak mengambil pemikiran dan teori-teori para filsuf Yunani.[3]
Penerjemahan karya-karya Yunani pada abad ke-8 M dianggap sebagai masuknya filsafat Yunani ke dunia Islam, aktivitas tersebut sebenarnya merupakan kelanjutan dari aktivitas sebelumnya yang dilakukan oleh orang-orang Kristen Nestrorian di Siria. Jauh sebelum Islam menaklukkan wilayah-wilayah Timur, Siria telah menjadi wilayah pertemuan dari dua kekuatan dunia, Romawi dan Persia. Karena itu Siria memainkan peran penting dalam penyebaran budaya Timur dan Barat.
Filsafat ala Yunani tersebar di banyak dunia Islam. Filsafat neo-Platonisme dipandang sesuai dengan konsep tauhid dalam Islam, fenomena ini dapat dilacak dari dua buku versi Arab yang begitu mempesona para pemikir Islam saat itu. Kedua buku itu disebut dengan Theology of Aristoteles dan Libre de Causis, ajaran emanasi yang merupakan landasan bagi hampir semua pemikiran filsafat Islam diuraikan dan dibahas secara mendalam dalam kedua buku tersebut.
Contoh lainnya dapat dilihat dalam konsep tajalli versi Ibnu Arabi. Meskipun Ibnu Arabi mengganti konsep emanasi Plotinus dengan tajalli, namun ia tidak bisa mengelak dari logika Plotinian. Ibnu Arabi mengatur konsep yang sama dengan yang dibuat oleh Plotinus. Kalau Plotinus menenmpatkan Akal Pertama dalam hierarki tertinggi dan dunia materi dalam hierarki terendah, maka Ibnu Arabi juga meletakkan insane kamil, haqiqat al-haqa’iq atau al-‘aql al-awwal, nur Muhammad sebagai wadah tajalli Tuhan yang paripurna, dan mineral sebagai wadah tajalli yang terendah.
Menurut Beck dan Kaptein, setidaknya ada lima ciri khas filsafat Islam. Pertama, filsafat islam melihat kebenaran Al-Qur’an dan ajaran Islam sehari-hari. Kedua, Para filsuf Islam percaya bahwa ada garis yang menghubungkan Islam dengan filsafat Yunani. Mereka meyakini bahwa wahyu Islam merupakan kelanjutan dari mata rantai perennial yang telah muncul dalam alam pikiran Yunani. Ketiga, filsafat Islam bertujuan mendapatkan hikmah (kearifan). Keempat, kualitas kearifn yang hendak digapai para filsuf Islam adalah kualitas keagamaan. Kelima, filsafat Islam meunjukkan kegemarannya akan masalah pengetahuan dan dasar-dasar psikologi serta ontologinya.[4]
Dari kelima karakter itulah yang akan mengantarkan kita memahami perkembangan filsafat Barat Modern, dan bisa dinyatakan bahwa adanya penghubung antara perkembangan filsafat Islam dengan akar perkembangan filsafat Barat Modern.

C.     Tokoh-Tokoh Filsafat Islam
                                   1.       AL-KINDI
Nama lengkap Al-Kindi adalah Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq Ash-Shabbah bin ‘Imran bin Isma’il bin Al Asy’ats bin Qays Al-Kindi. Ia dilahirkan di Kuffah tahun 185 H (801 M). Ayahnya, Ishak ibn ash-Shabah, pernah menjadi amir (gubernur) di Kufah pada zaman khalifah Mahdi dan Harun al-Rasyid, sedangkan nenek moyangnya adalah raja-raja Arab yang berkuasa di wilayah Kindah dan sekitarnya yang terletak di kawasan Semenanjung Tanah Arab.[5]
Sebagai orang yang lahir di kalangan para intelektual, maka pendidikan ynag pertama-tama diterima adalah membaca Al-Qur’an, menulis, dan berhitung. Disamping itu ia banyak mempelajari tentang sastra dan agama, juga menerjemahkan beberapa buku Yunani di dalam bahasa Syiria kuno dan bahasa Arab.
Al-Kindi mengarang buku-buku dalam berbagai cabang ilmu. Menurut keterangan Ibnu Al-Nadim, buku yang ditulis oleh Al-Kindi berjumlah 241 buah. Dari karangan-karanagannya, dapat kita ketahui bahwa Al-Kindi termasuk penganut aliran elektisisme, dalam metafisika dan kosmologi mengambil pendapat Aristoteles, dalam psikologi mengambil pendapat Plato, dalam hal etika mengambil pendapat Socrates dan Plato.[6]
Karya-karya Al-Kindi antara lain adalah :
                                      1.         Fi al-Falsafah al-‘Ula
                                      2.         Fi Hudud al-‘Asy-ya’ wa Rusumuha
                                      3.         Fi I-dhah Tanahi jirmi’il-‘Alam
                                      4.         Fi’l Qaul fi’n-Nafs
                                      5.         Fi’l Aql
Mengenai filsafat dan agama, Al-Kindi berusaha mempertemukan antara kedua hal tersebut, Al-Kindi berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu tentang kebenaran atau ilmu yang paling mulia dan paling tinggi martabantnya. Dan agama juga merupakan ilmu mengenai kebenaran, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan.
Mengenai hakikat Tuhan, Al-Kindi menegaskan bahwa Tuhan adalah wujud sempurna yang tidak didahului oleh wujud yng lain, tidak berakhir wujudNya dan tidak wujud kecuali denganNya.
Unsur-unsur filsafat yang kita dapati pada pemikiran Al-Kindi ialah :
                                      a.         Aliran Pythagoras tentang matematika sebagai jalan ke arah filsafat
                                      b.         Pikiran-pikiran Aristoteles dalam soal-soal fisika dan metafiiska, meskipun Al-Kindi tidak sependapat dengan Aristoteles tentnag qadimnya alam.
                                      c.         Pikiran-pikiran Plato soal kejiwaan
                                      d.         Pikiran-pikiran Plato dan Aristoteles bersama-sama dalam soal etika
                                      e.         Wahyu dan iman (ajaran-ajaran agama) dalam soal-soal yang berhubungan dengan Tuhan dan sifat-sifatNya
                                      f.          Aliran Mu’tazilah dalam memuja kekuatan akal manusia dan menakwilkan ayat-ayat Al-Qur’an

                                 2.         AL-FARABI
Nama lengkapnya adalah Abu Nashr Muhammad ibn Muhammad ibn Thakhan ibn Auzalag, ia diberi gelar “Al-Farbi”. Ia dilahirkan dikota Farab pada tahun 259 H/872 M. Ayahnya keturunan Persia dan kawin dengan seorang wanita Turki, ia pernah menjadi panglima tentar Turki. Karena itu, Al-Farabi terkadang dikatakan sebagai keturunan Persia daan terkadang sebagai keturunan Turki.
Sejak kecil Al-Farabi tekun dan rajin belajar, ia mempunyai kecakapan luar biasa dalam bahasa. Bahsa-bahasa ynag dikuasainya antara lain bahasa Iran, Turkistan, dan Kurdistan. Pada waktu itu Al-Farabi belum mengenal bahasa Yunani dan Siriani, yang merupakan bahasa-bahasa ilmu pengetahuan dan filsafat pada waktu itu.
Setelah besar, Al-Farbi meninggalkan negerinya menuju kota Baghdad, pusat pemerintahan dan ilmu pengetahuan pada masanya. Ia berguru kepada Ibnu Suraj unutk belajar tata bahasa Arab, dan kepada Abu Bisyr Matta IbnYunus untuk belajar ilmu mantiq (logika).
Sebagian besar karangan-karangan Al-Farabi terdiri dari ulasan dan penjelasan terhadap filsaft Aristoteles, Plato, dan Galenius, dalam bidang logika, fisika, etika, dan metafisika.
Diantar karya-karya Al-Farabi adalah :
                                  a.         Al-Jami’u Baina Ra’yi Al-Hakimain Afalatoni Al Hahiy wa Aristho-thails (penggabungan pendapat Plato dan Aristoteles)
                                 b.         Tahsilu as Sa’adah (mencari kebahgiaan)
                                  c.         As Suyasatu Al Madinah (politik pemerintahan)
                                 d.         Fususu Al Taram (hakikat kebenaran)
                                  e.         As Syiyasyah (ilmu politik)
Al-Farabi mendefinisikan filsafat adalah : Al Ilmu bilmaujudaatbima Hiya Al Maujudaat, yang berarti suatu ilmu yang menyeidiki hakikat sebenarnya dari segala yang ada ini. Al-Farabi berhasil meletakkan dasar-dasar filsafat ke dalam ajaran Islam.

                                 3.         IBNU SINA
Nama lengkapnya adalah Abu Ali al-Husein ibn Abdillah ibn Hasan ibn Ali ibn Sina. Ia dikenal sebagai seorang filosof Islam terbesar dengan gelar Syaikh ar-Rais. Ia dilahirkan dalam keluarga yang bermadzhab Syi’ah pada tahun 370 H/1980 M di desa Efsyanah (kawasan Bukhara).
Di Bukhara ia dibesarkan dan belajar falsafah, kedokteran, dan ilmu-ilmu agama Islam serta astronomi. Dalam usia sepuluh tahun, ia telah banyak mempelajari ilmu agama Islam dan menghafal Al-Qur’an.
Ketika umur beliau belum mencapai 16 tahun ia sudah menguasai ilmu kedokteran, sehingga banyak orang yang datang kepadanya untuk berguru. Kepandainnya tidak hanya dalam teori saja, tetapi ia juga menguasai prakteknya dengan mengobati orang-orang yang sakit.
Adapun karangan-karangan Ibnu Sina yang terkenak adalah :
                                      a.         As-Syifa, buku ini adalah buku filsafat yang terpenting dan terbesar, yang terdiri dari logika, fisika, matematika, dan metafisika (ketuhanan)
                                      b.         An-Najat, buku ini merupakan ringkasan buku As-Syifa, dan pernah diterbitkan bersama-sama dengan buku Al-Qanun dalam ilmu kedokteran pada tahun 1593 M di Roma, dan tahun 1331 H di Mesir.
                                      c.         Al-Syarat Wat-Tanbihat, buku ini adlah buku terakhir yang paling baik, dan pernah di terbitkan di Leiden pada tahun 1892 M, da sebagiannya diterjemahkan kedalam bahasa Perancis
                                      d.         Al-Hikmat Al-Masyriqiyyah, buku ini banyak dibicarakan orang karena tidak jelasnya maksud judul buku, dan naskah-naskahnya yang masih ada memuat bagian logika.
                                      e.         Al-Qanun, atau Canon of Medicine, menurut penyebutan orang-orang Barat. Buku ini pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan pernah menjadi buku standar untuk universits-universitas Eropa sampai akhir abad ke 17 M
Dalam membuktikan adanya Allah, Ibnu Sina melanjutkan dalil ontology yang berasal dari Aristoteles dan mengikuti Al-Farabi sebelumnya, dengan membagi wujud kepada dua jenis, wajib wujud dan mengkin wujud.[7]

                                 4.         AL-GHAZALI
Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Ahmad al-Ghazali ath-Thusi, lahir di Thus, wilayah Khurasan pada tahun 450 H/1058 M. Ayahnya seorang pekerja pembuat pakaian dari bulu wol dan menjualnya di pasar.
Pada masa kecil beliau belajar ilmu fiqh pada Syekh Ahmad bin Muhammad Ar-Rasikani, kemudian pada Imam Abi Nasar Al-Ismaili di negri Jurjan. Setelah mempelajari bebrapa ilmu di negerinya, ia berangkat ke Nishabur dan belajar pada Imam Haromain.
Al-Ghazali adalah seorang ahli pikirIslam yang dalam ilmunya, Puluhan buku telah dituliskannya yang meliputi bebagai cabang ilmu, antara lain Teologi Islam, Hukum Islam, Tasawuf, Tafsir, dan Akhlak.
Karyanya yang terbesar yaitu Ihya Ulumuddin yang artinya “Menghidupkan Ilmu-Ilmu gama”. Kitab tersebut berisi tentang paduan yang indah antara fiqih, tasawuf, dan filsafat. Kitab ini bukan hanya terkenal di kalangan kaum Muslimin, tetapi juga di kalangan dunia Barat dan luar Islam.
Dalam pemikirannya Al-Ghazali menyelaraskan akal dengan naql. Ia berpendapat bahwa akal hanya digunakan sebagai penopang, karena ia bisa mengetahui dirinya sendiri dan mempersepsi benda lain.
                                 5.         IBNU BAJJAH
Ia adalah Abu Bakar Muhammad Ibn Yahya al-Sha’igh. Di dunia Barat ia terkenal dengan sebutan “Avempace”. Ia lahir pada abad 11 M atau abad V H, di kota Saragossa. Sejak kecil ia belajar ilmmu pengetahuan di Saragossa sampai mendapatkan gelar akademiknya, maka ketika pergi ke Granada Ia telah menjadi seorang sarjana bahasa dan Sastra Arab dan dapat menguasai 12 macam ilmu pengetahuan.
Beberapa karya Ibnu Bajjah antara lain :
                                      1.         Risalat al-Wada’
                                      2.         Tardiyyah
                                      3.         Kitab al-Nafs
                                      4.         Tadbir al-Mutawahhid
Pemikiran Ibnu Bajah tidak berbeda dengan Al-Farabi sebelumnya, yakni tujuan hidup manusia untuk memperoleh kebahagiaan hanya dapat dicapai melalui akal. Menurutnya, manusia mampu melalui perkembangan daya penalaran serta mengikuti nilai-nilai moral yang baik untuk berhubungan dengan akal aktif dengan Tuhan, sehingga dapat memperoleh kebahagiaan tertinggi.[8]

                                 6.         IBNU TUFAIL
Nama lengkapnya Abu Bakar Muhammad ibn ‘Abd Malik ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Tufail. Ia lahir pada abad VI H/XIII M di kota Guadix, Granada. Ia adalah pemuka pertama dalam pemikiran filosofis Muwahhid yang berasal dari Spanyol.
Ia adalah seorang dokter, filosuf, ahli matematika, dan penyair yang sangat terkenal di Muwahhid Spanyol, akan tetapi hanya sedikit karya-karyanya yang dikenal orang. Dua karyanya yang masih ada adalah “Risalah Hayy ibn Yaqzan” dan “Asrar Al-Hikmah Al-Mashiriqiyyah”.
Kisah Hayy bin Yaqzhan yang ia tulis adalah untuk memenuhi permintaan temannya yang menginginkan penjelasan tentang rahasia filsafat Timur. Menurutnya filsafat hanyalah untuk orang tertentu saja, yang digunakan untuk mencapai kebahagiaan tertinggi, dapat upaya mencapai ini mereka harus mundur dari kehidupan praktis sehari-hari, harus mengasingkan diri dari hiruk pikuk sosial karena akan mencemari pikirannya.[9]

                                 7.         IBNU RUSYD
Nama lengkapnya Abu Wahid Muhammad ibn Ahmad ibn Muhammad ibn Rusyd. Lahir di kota Cordova pada tahun 1126 M/520 H. Ia keturunan dari keluarga yang ahli dalam ilmu fiqh. Ayah dan kakeknya pernah menjabat di Andalusia sebagai kepala pengadilan.
Ibnu Rusd adalah seorang ulama besar dan penulas yang dalam terhadap filsafat Aristoteles. Kegemarannya terhadap ilmu sukar dicari bandingannya, karena menurut riwayat, sejak kecil samai tuanya ia tidak pernah terputus membaca dan menelaah kitab.
Karangannya meliputi berbagai ilmu seperti, fiqih, ushul fiqh, bahswa, kedokteran, astonomi, politik, akhlak, dan filsafat. Tidak kurang dari sepuluh ribu lembar yang telah ditulisnya. Buku-bukunya adakalanya merupakan karangan sendiri, adakalanya ulasan atau ringkasan.
Buku-bukunya yang penting antar lain :
                                      1.         Bidayatul Mujtahid
                                      2.         Faslul-Maqal fi ma baina al-Hikmati was-Syari;at min al-Ittisal
                                      3.         Manahijul Adillah fi Aqaidi Ahl al-Millah
                                      4.         Tahaut at-Tahafut
Pada garis besar filsafatnya, ia mengikuti Aristoteles dan berusaha mengeluarkan pikiran-pikirannya yang sebenarnya dari celah kata-kata Aristoteles dan ulasan-ulasannya. Ia juga berusaha menjelaskan pikiran tersebut dan melengkapinya, terutama dalam hal ketuhanan, dimana kemampuan yang tinggi dalam mengkaji berbagai persoalan dan dalam mempertemukan antara agama dengan filsafat nampak jelas.





BAB III
ANALISIS

Dari pembahasan diatas, maka kami dapat menyimpulkan bahwa :
         1.         Filsafat Islam adalah usaha mencari kesempurnaan diri manusia dengan dapat menggambarkan segala urusan dan membenarkan segala hakikat baik yang teori maupun praktik menurut kadar kemampuan manusia sendiri yang berdasarkan ajaran Islam yaitu Al-Qur’an dan Hadits.
         2.         Filsafat islam lahir dari pemikiran-pemikiran dan teori para filsuf Yunani, seperti Aristoteles, Platinus, dan Plato. Pemikiran-pemikiran tersebut kemudian dijadikan salah satu sumber pemikiran filsafat Islam dengan mengembangkannya lagi sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam.
         3.         Dengan semakin berkembangnya Filsafat Islam, maka muncullah nama-nama filsuf muslim yang memberikan kontribusi yang sangan besar terhadap peradaban, tidak hanya peradaban Islam tetapi juga peradaban dunia. Para filsuf yang mempengaruhi dunia antara lain, Al-Kindi, Al-Razi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Ghazali, Ibnu Bajjah, Ibnu Tufail, Ibnu Rusyd, Dan lain sebagainya.



BAB IV
PENUTUP

Filsafat Islam merupakan gabungan dari filsafat dan Islam. Secara harfiah,
pengertian filsafat adalah cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaran. Sidi Gazalba mengartikan filsafat sebagai berpikir secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal alam rangka mencari kebenaran, inti atau hakikat mengenai segala yang ada. Sedangkan pengertian filsafat Islam adalah suatu ilmu yang dicelup ajaran islam dalam membahas hakikat kebenaran segala sesuatu.
Para filosuf Islam banyak mengambil pemikiran dan teori-teori para filsuf Yunani. Penerjemahan karya-karya Yunani pada abad ke-8 M dianggap sebagai masuknya filsafat Yunani ke dunia Islam, aktivitas tersebut sebenarnya merupakan kelanjutan dari aktivitas sebelumnya yang dilakukan oleh orang-orang Kristen Nestrorian di Siria.
Ada lima ciri khas filsafat Islam :
       1.       Filsafat islam melihat kebenaran Al-Qur’an dan ajaran Islam sehari-hari.
       2.       Para filsuf Islam percaya bahwa ada garis yang menghubungkan Islam dengan filsafat Yunani.
       3.       Filsafat Islam bertujuan mendapatkan hikmah (kearifan).
       4.       Kualitas kearifn yang hendak digapai para filsuf Islam adalah kualitas keagamaan.
       5.       Filsafat Islam meunjukkan kegemarannya akan masalah pengetahuan dan dasar-dasar psikologi serta ontologinya.
Para filsuf yang mempengaruhi perkembangan Filsafat Islam antara lain :
       1.       Al-Kindi
       2.       Al-Farabi
       3.       Ibnu Sina
       4.       Al-Ghazali
       5.       Ibnu Bajjah
       6.       Ibnu Tufail
       7.       Ibnu Rusyd





DAFTAR PUSTAKA

Suharto, Toto, 2011, Filsafat Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Mustofa, 1997, Filsafat Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia
Zainul Hamdi, Ahmad, 2004,Tujuh Filsuf Muslim (Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat, Modern), Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara
Daudy, Ahmad, 1986, Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang
Madkour, Ibrahim, 2004, Aliran Dan Teori Filsafat Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Banasuru, Aripin, 2013, Filsafat dan Filsafat Ilmu (Dari Hakikat ke Tanggung Jawab), Bandung: ALFABETA


[1] Suharto, Toto, 2011, Filsafat Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
[2] Mustofa, 1997, Filsafat Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia
[3] Mustofa, 1997, Filsafat Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia
[4] Zainul Hamdi, Ahmad, 2004,Tujuh Filsuf Muslim (Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat, Modern), Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara
[5] Daudy, Ahmad, 1986, Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang
[6] Mustofa, 1997, Filsafat Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia
[7] Daudy, Ahmad, 1986, Kuliah Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang
[8] Madkour, Ibrahim, 2004, Aliran Dan Teori Filsafat Islam, Jakarta: Bumi Aksara
[9] Zainul Hamdi, Ahmad, 2004,Tujuh Filsuf Muslim (Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat, Modern), Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara

No comments:

Post a Comment