Friday, December 6, 2013

Etnis/Suku Bangsa



 A. Pengertian Etnis/Suku Bangsa

Etnis atau Suku Bangsa merupakan proses dari system kekerabatan yang lebih luas. Kekerabatan yang tetap pecaya bahwa mereka memiliki ikatan darah dan bersal dari nenek moyang yang sama. itulah sejarah.

Dan berikut ini ada juga pengertian Etnis/Suku Bangsa menurut para ahli :

1.      Fredrick Barth
Etnis adalah himpunan manusia karena kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa ataupun kombinasi dari kategori tersebut yang terikat pada sistem nilai budaya

2. Hassan Shadily MA
Suku bangsa atau etnis adalah segolongan rakyat yang masih dianggap mempunyai hubungan biologis.

3.Menurut Ensiklopedi Indonesia
 Etnis berarti kelompok sosial dalam sistem sosial atau
kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya. Anggota-anggota suatu kelompok etnik memiliki kesamaan dalam hal sejarah (keturunan), bahasa (baik yang digunakan ataupun tidak), sistem nilai, serta adat-istiadat dan tradisi.

4. Menurut Perspektif Teori Situasional
Etnis merupakan hasil dari adanya pengaruh yang berasal dari luar kelompok. Salah satu faktor luar yang sangat berpengaruh terhadap etnisitas adalah kolonialisme, yang demi kepentingan administratif pemerintah kolonial telah mengkotak-kotakkan warga jajahan ke dalam kelompok-kelompok etnik dan ras (Rex dalam Simatupang, 2003). Untuk seterusnya sisa warisan kolonial itu terus dipakai sampai sekarang.


2.Latar Belakang Etnis/suku bangsa.
Keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia juga menyangukut keanekaragaman budayanya. Hal ini meliputi pebedaan Adat istiadat,Religis, Bahasa dan keseniannya. Nmin tifak ada perbedaan fisik yang begitu besar antar suku-suku bangsa di Indonesia, ini di sebabkan oleh kesaan ras akibat proses amalgamasi/kawin campur, dan migrasi penduduk.



3.Macam-macam Etnik yang ada di Indonesia.
A.Etnis atau suku bangsa yang ada di pulau Sumatra Selatan
1.SUKU BENTONG Suku Bentong tinggal di perbatasan Kabupaten Maros dan Bone, mereka mendiami daerah Bulo-Bulo, bagian dari wilayah Kecamatan Tenete Riaja.
2. SUKU BUGIS  Suku tersebut berpusat di Sulawesi Selatan. Suku ini mendiami sebelas Kabupaten, yaitu Kab. Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sidenreng-Rappang, Powelai-Mamasa, Luwu, Pare-pare, Barru, Pangkajene, dan Maros.

3. SUKU CAMPALAGIA  Nama lain dari suku ini adalah Tulumpanuae atau Tasing, dan biasa disebut oleh pemerintah suku Mandar. Namun mereka menyebut diri mereka orang Campalagian. Mereka tinggal di sekitar Kabupaten Majene, tepatnya di kota Campalagian dan Kab. Polewali-Mamasa (Polmas) serta di Kabupaten Mamuju sepanjang sungai Mandar.

4.SUKU DURI Suku Duri terletak di pedalaman Sulawesi Selatan,.
5.SUKU ENREKANG Suku Enrekang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, kurang lebih 259 Km dari kota Ujung Pandang .

6.SUKU KONJO PEGUNUNGAN Suku ini mendiami hampir seluruh Kabupaten Gowa. Gowa bekas kerajaan yang menjadi obyek wisata, terletak sekitar 30 km dari Ujung Pandang .

7.SUKU KONJO PESISIR  Suku Konjo tinggal di Kabupaten Bulukumbu, kurang lebih 209 km dari kota Ujung Pandang , Propinsi Sulawesi Selatan. Nama lain suku ini adalah Kajang - merupakan perkampungan tradisional khas suku Konjo.

8.SUKU LUWU Suku Luwu tinggal di Kabupaten Luwu dan sekitarnya.

9.SUKU MAIWA Suku Maiwa merupakan salah satu suku di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang.

10.SUKU MAKASAR Wilayah suku Makasar berada di Kabupaten Takalar Jeneponto, Bantaeng, Selayar.



B.sebagian Etnis atau suku yang berada di berbagai pulau di indonesia
·         Pulau Sumatra : suku Aceh, Minangkabau, Melayu, Bengkulu, Batak, Mentawai, Nias, Palembang, Lampungh
·         Pulau Kalimantan : suku Dayak, Banjar, Melayu
·         Pulau Jawa : suku Jawa, Sunda, Badui, Tengger, Betawi
·         Pulau Sulawesi : suku Minahasa, Sangir, Bolang Mangondo, Gorontalo, Toraja, Bugis, Makasar, Mandar
·         Pulau Bali : suku Bali Aga, orang Bali pendatang
·         Pulau Maluku : suku Ambon, Kei, Tual, Dobo, Morotai
·         Pulau Papua : suku Waigeo, Bantanta, Timika, Asmat, Dani, Kubu Anak dalam
·         Pulau Nusa Tenggara : suku Sasak, Dompu, Helong, Timor, Lio, Alor


4. MATERI ETNIS
 Diferensiasi Suku Bangsa (Etnis)
Menurut Hassan Shadily MA, suku bangsa atau etnis adalah segolongan rakyat yang masih dianggap mempunyai hubungan biologis. Diferensiasi suku bangsa merupakan penggologan manusia berdasarkan ciri-ciri biologis yang sama, seperti ras. Namun suku bangsa memiliki ciri-ciri paling mendasar yang lain, yaitu adanya kesamaan budaya. Suku bangsa memiliki kesamaan.

5. MASALAH YANG DI TIMBULKAN ETNIS.
Adapun sumber konflik antarsuku bangsa dalam negara berkembang seperti Indonesia, yakni:

1. jika dua suku bangsa masing-masing bersaing dalam hal mendapatkan lapangan mata pencaharian hidup yang sama.
2. jika warga suatu suku bangsa mencoba memasukkan unsur-unsur dari kebudayaan kepada warga dari suatu suku bangsa lain.
3. jika warga satu suku bangsa mencoba memaksakan konsep-konsep agamanya terhadap warga dari suku bangsa lain yang berbeda agama.

4. jika warga satu suku bangsa berusaha mendominasi suatu suku bangsa secara politis.
5. potensi konflik terpendam dalam hubungan antar suku bangsa yang telah bermusuhan secara adat.
6.Konflik
Merupakan suatu proses disosiatif yang memecah kesatuan di dalam masyarakat. Meskipun demikian konflik tidak selamanya negatif, adakalanya dapat menguatkan ikatan dan integrasi.
7.Integrasi
Adalah dibangunnya interdependensi yang lebih rapat dan erat antara bagian-bagian dari organisme hidup atau antara anggota-anggota di dalam masyarakat sehingga menjadi penyatuan hubungan yang diangap harmonis
8. Disintegrasi
Disebut pula disorganisasi, merupakan suatu keadaan dimana tidak ada keserasian pada bagian-bagian dari suatu kesatuan. Agar masyarakat dapat berfungsi sebagai organisasi harus ada keserasian antar bagian-bagian
9. Reintegrasi
Disebut juga reorganisasi, dilaksanakan apabila norma-norma dan nilai-nilai baru telas melembaga (institutionalized) dalam diri warga masyaraka
sejarah

No comments:

Post a Comment