Tuesday, October 27, 2015

Manfaat Wudlu bagi kesehatan

A.    Manfaat wudu dari aspek kesehatan
1.      Mengurangi kanker kulit
Sinar ultraviolet dapat mengakibatkan kanker kulit. Berwudu sebanyak 5 kali sehari mampu menjaga kulit agar tetap lembab, Sehingga terlindungi dari bahaya yang ditimbulkan oleh sinar matahari.
2.      Melancarkan peredaran darah
Membasuh seluruh ujung dari anggota tubuh dalam wudhu dapat memperlancar peredaran darah, sehingga peredaran darah di seluruh tubuh akan lancar, stamina dan kesehatan tubuh juga mengalami peningkatan.

B.     Rahasia kesehatan dalam gerakan wudhu
Organ tubuh yang dibasuh dalam wudhu, seperti wajah, tangan, kepala, dan kaki adalah anggota yang sering terbuka, sehingga berpotensi terkena debu dan kuman. Berwudhu 5 kali sehari merupakan salah satu solusi pencegahan dari berbagai macam penyakit
akibat kuman dan bakteri.
1.      Membasuh kedua telapak tangan
Karena gerakan wudhu hampir semuanya melibatkan tangan, seperti mengambil air, membasuh, mengusap maupun menggosok. Kotoran yang berada di tangan akan mengotori air. Air yang kotor dapat berpindah ke mulut, mata dan hidung. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

2.      Berkumur
Dengan berkumur, kebersihan mulut dan gigi kita terjaga, sehingga terhindar dari infeksi akibat kuman. Disamping air dimasukkan ke dalam mulut, ditambah masih diputar-putar di mulut akan bermanfaat untuk memperkuat otot-otot wajah dan menjaga keindahan bentuknya.

3.      Menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya
Dengan melakukannya secara rutin, membuat hidung bersih sehingga pernapasan menjadi lancar dan tidak mudah terserang flu.

4.      Niat
Jika dalam membasuh muka disertai dengan niat, maka akan mengandung nilai pahala dan dapat menggugurkan kewajiban wudhu.

5.      Membasuh wajah
Agar wajah selalu sehat, dibutuhkan beberapa kali basuhan dalam sehari menggunakan air agar kotoran, kuman, serta keringat tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi kulit wajah. Membasuh wajah juga berfungsi menjaga fungsi mata agar tetap sehat.

6.      Membasuh kedua tangan
Dengan membasuh tangan setiap kali wudhu, seseorang telah mengantisipasi terhadap bahaya cacing pita, kuman dan bakteri yang bertempat di bawah kuku dan sela-sela jari. Aliran lembut air juga dapat mempengaruhi syaraf-syaraf tangan sehingga memberi rasa segar dan menenangkan pikiran.

7.      Menyelah-nyelahi jari tangan
Sela-sela jari merupakan wilayah yang sangat disukai oleh kuman dan jamur karena kelembabannya. Gerakan ini sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang ada di tempat tersebut.

8.      Mengusap kepala
Membasuh kepala sangat baik untuk menghindari penyakit stress dan tekanan darah tinggi, melancarkan aliran darah ke otak.

9.      Mengusap kedua telinga
Akan lebih baik bila diiringi dengan pijatan-pijatan kecil, karena daerah ini terdapat titik-titik akupuntur. Syaraf-syaraf yang berhubungan dengan organ lainnya dapat dibangkitkan sehingga aliran darah yang tersumbat akan kembali lancar.

10.  Membasuh kedua kaki
Mengalirkan air dapat menimbilkan rasa nyaman dan ketenangan diseluruh tubuh. Sebab, di telapak kaki terdapat syaraf-syaraf yang memiliki hubungan dengan seluruh organ yang terdapat di seluruh tubuh.

11.  Menyelah-nyelahi jari-jari kaki

Membasuh kaki serta menggosok-gosok sela-sela jari kaki merupakan cara yang cukup sempurna untuk membersihkan.

No comments:

Post a Comment